KAPILARITAS BATANG

KAPILARITAS BATANG

PENGERTIAN
Kapilaritas adalah pergerakan cairan sepanjang permukaan padat yang disebabkan oleh daya tarik molekul cairan dengan molekul yang padat. Tanaman menggunakan aksi kapiler untuk membawa air akar dan sampai batang ke seluruh tanaman. Molekul-molekul air (cairan) tertarik ke molekul bagian dalam batang (padat). Atraksi ini digunakan untuk membantu memaksa air dari tanah dan menyebar ke seluruh tanaman. Ada tiga gaya yang terlibat dengan proses kapilaritas. Mari kita membahas mereka:
  1. Adhesi adalah proses melampirkan satu hal ke hal lain. Untuk tanaman, adhesi memungkinkan air untuk menempel pada jaringan organik tanaman.
  1. Kohesi membuat molekul dari substansi yang sama bersama-sama. Untuk tanaman, kohesi membuat molekul air bersama-sama.
  1. Tegangan permukaan adalah efek tarik antarmolekul yang menyebabkan cairan untuk membentuk lapisan atas atau luar yang berperilaku seperti semacam film tipis. Tegangan permukaan bertanggung jawab atas bentuk tetes air dan untuk memegang struktur bersama saat tanaman menyerap air.
Proses
Meskipun Anda dapat menggunakan air untuk membantu mendapatkan zat lengket seperti sirup dari tangan Anda, air itu sendiri sebenarnya lengket. Molekul air tidak hanya menempel satu sama lain, tapi air juga menempel pada rumput, kain, jaringan organik, tanah, dan handuk kertas. Tanaman memanfaatkan  air lengket untuk jaringan organik dan tanah.
Sebagaimana dinyatakan di atas, tindak kapiler adalah gerakan air melalui tanaman. Gerakan ini terjadi ketika adhesi (kekuatan yang menarik air ke objek lain) lebih kuat dari kohesi (gaya antara molekul air). Molekul air secara alami tertarik satu sama lain. Atraksi ini berasal dari ikatan hidrogen yang mereka bentuk sementara.
Jadi, pada dasarnya, sebuah molekul air harus memilih untuk tinggal dengan molekul air lain atau untuk pergi menempel sendiri ke jaringan organik tanaman. Ketika molekul lebih tertarik pada tanaman, itu ditarik ke arah jaringan organik. Meskipun daya tarik yang kuat untuk jaringan, molekul air masih ingin membawa teman-teman nya.
CONTOH :  Menetesnya air pada ujung kain ataupun ujung kertas.
b. Naiknya minyak tanah melalui sumbu pada kompor minyak tanah
c. Naiknya minyak pada sumbu lampu minyak.
d. Meresapnya air melalui dinding. 
e. Naiknya air dan zat hara melalui akar pada tumbuhan hijau 
f. Menyebarnya tinta di atas permukaan kertas 
g. Air yang menggenag dapat diserap oleh kain pel maupun spons.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMANTULAN CAHAYA

EKOLOKASI

PEMANFAATAN TEKANAN GAS DI KEHIDUPAN SEHARI HARI